Sabtu, 04 Februari 2012

Jadwal Kereta Api Penataran Surabaya - Blitar

Jadwal kereta api penataran adalah jadwal kereta yang banyak dicari mahasiswa dan mereka yang ingin melakukan perjalanan surabaya - blitar secara hemat. Karena memang kereta api penataran memberikan kenyamanan perjalanan kelas ekonomi dengan harga yang sangat ringan yaitu Rp. 5500 rupiah . Masih lebih murah dari harga nasi goreng di surabaya bukan?

Soal kenyamanan jangan kuatir karena sekarang kereta ekonomi penataran membatasi jumlah penumpang sesuai dengan jumlah tempat duduk yang ada. Jadi Tidak akan ada lagi penumpang yang bergelantungan di pintu ataupun atap kereta . Kebijakan itu sendiri memiliki dampak positif dan negatif, negatifnya adalah anda harus berebut tiket agar dapat menaiki kereta penataran ini. Tapi itu juga bukan masalah karena sekarang kereta ekonomi pun dapat dipesan lebih pagi pada hari yang sama. Jadi bila anda akan bepergian sore hari, sempatkan beberapa menit untuk berburu tiket pada pagi harinya. Mudah bukan? selamat melakukan perjalanan dengan kereta api penataran surabaya - blitar


Jadwal Keberangkatan dari Surabaya 
04.45 WIB
07.40 WIB
10.55 WIB
15.20 WIB
16.20 WIB
18.25 WIB (stasiun terakhir Malang kota baru)


Jadwal Keberangkatan dari Blitar    
04.25 WIB
07.20 WIB
10.09 WIB
12.59 WIB
17.00 WIB

Kereta api Penataran adalah kereta api lokal ekonomi yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VIII Surabaya yang melayani rute Surabaya Gubeng-Blitar lewat Malang. Uniknya, sesampai di Blitar, kereta ini berganti nama menjadi Rapih Dhoho yang melanjutkan perjalanan kembali menuju Surabaya lewat Kertosono.

Perjalanan kereta ini berawal dari Stasiun Surabaya Kota, di sepanjang perjalanan KA Penataran berhenti di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Wonokromo, Stasiun Waru, Stasiun Gedangan, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Tanggulangin, Stasiun Porong, Stasiun Bangil, Stasiun Wonokerto, Stasiun Sukorejo, Stasiun Sengon, Stasiun Lawang, Stasiun Singosari, Stasiun Blimbing, Stasiun Malang, Stasiun Malang Kota Lama, Stasiun Pakisaji, Stasiun Kepanjen, Stasiun Ngebruk, Stasiun Sumberpucung, Stasiun Pohgajih, Stasiun Kesamben, Stasiun Wlingi, Stasiun Talun, Stasiun Garum dan berakhir di Stasiun Blitar.

Nama "Penataran" diambil dari nama candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Kabupaten Blitar. (sumber:wiki)


KERETA API PENATARAN
KA Penataran 1101.JPG
KA Penataran sedang singgah di Stasiun Kepanjen
Info
Kelas Ekonomi
Sistem Kereta api Lokal
Stasiun terminus Stasiun Surabaya Gubeng
Stasiun Blitar
Jumlah stasiun 17
Rute pelayanan 2 (Surabaya-Blitar dan Surabaya-Malang)
Operasional
Pemilik PT Kereta Api Indonesia
Operator Daerah Operasi VIII Surabaya
Depo Sidotopo, Malang
Lokomotif CC 201, CC 203, CC 204
Teknis
Lebar trak 1067 mm
Kecepatan operasi 40-80 km/jam
Peta Rute



Continuation backward

Surabaya Kota

Station on track

Surabaya Gubeng

Small bridge over water

Kali Jagir Wonokromo

Unknown route-map component "xpBHF"

Wonokromo

Continuation to left Junction to right

ke Mojokerto melalui Krian

Unknown route-map component "AKRZ-UKu"

Jalan Tol Juanda

Unknown route-map component "xpBHF"

Sidoarjo

Continuation to left Junction to right

ke Mojokerto melalui Tarik

Small bridge over water

Kali Porong

Junction to left
+ Continuation to right

ke Pasuruan

Unknown route-map component "AKRZ-AUKu"

Jalan Raya Pandaan

Unknown route-map component "xpBHF"

Lawang

Unknown route-map component "AKRZ-AUKu"

Jl. Jend. A. Yani

Unknown route-map component "xpBHF"

Blimbing

Station on track

Malang

Unknown route-map component "AKRZ-AUKo"

Jembatan Embong Brantas

Bridge over water

Jembatan Sungai Brantas

Unknown route-map component "AKRZ-AUKu"

Flyover Kol.Soegiono

Unknown route-map component "xpBHF"

Malang Kota Lama

Station on track

Kepanjen

Unknown route-map component "AKRZ-AUKu"

Jalan Malang-Blitar

Station on track

Blitar

Continuation forward

ke Kediri



77 komentar:

  1. harga tiket bisnis dan eksekutif brapa ya?terus brapa jam dari surabaya sampai blitar?

    BalasHapus
  2. blitar - surabaya cuma ada kelas ekonomi, kurang lebih 5 jam

    BalasHapus
  3. gan,, dari sby ke mlg/sbliknya, ama MLG-blitar/sbliknya tolong share jga gan ^^

    BalasHapus
  4. Sepurnya yang ada cuma klas ekonomi ..................

    BalasHapus
  5. apakah tiket kereta api penataran jurusan surabaya-malang masih ada???

    BalasHapus
  6. tiket penataran bisa didapat dengan mengantri di stasiun sepagi mungkin, sekitar jam 3-4. Jangan khawatir, jam segitu sudah ramai orang antri

    BalasHapus
  7. harga tiket dari lawang ke blitar barapa yach
    itu rencana pake yang ekonomi

    BalasHapus
  8. harga tiket lawang biltar berapa pak

    BalasHapus
  9. tikwet lawank blitar brapa

    BalasHapus
  10. selain di stasiun, apa ada yang jual tiket ditempat lain..? maksud saya biar gak antri. saya mau yang penataran sbaya ke blitar lewat malang. dari P.sis 031.701.944.90 (mudik lebaran)

    BalasHapus
  11. harga tiket lawang - blitar : Rp. 4000

    tiket kereta ekonomi hanya bisa didapat di stasiun, silahkan antri sepagi mungkin. Sekitar jam 3 pagi stasiun sudah buka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak kA penataran tjuan blitar lwt malang paling pgi sampe stasiun porong jam brapa? dan apa bisa antri tiket jam 3 tpi untuk kbrangkatan siang atow sore? tolong di bales secepatnya

      Hapus
    2. PALING PAGI 4.45 DARI GUBENG, pembelian tiket bisa untuk semua jam pada hari yang sama ( beli pagi berangkat malam/sore)

      Hapus
  12. Pak jadwal ka pnataran jrusan blitar lewat malang paling pgi sampe stasiun porong jam brapa? Dan stasiun bka jam brapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PALING PAGI 4.45 DARI GUBENG, pembelian tiket bisa untuk semua jam pada hari yang sama ( beli pagi berangkat malam/sore)

      Hapus
  13. Mau Nanya nih
    .kalau mau beli tiket di stasiun blitar dg tujuan surabaya itu apa harus menunjukan ktp?
    .saya lihat di tv itu kog ada tiket hangus akibat nama di tiket tdk sama dg yang ada di Ktp
    .mohon jawaban secepatnya soalnya saya juga mau mudik

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak wajib untuk kereta dalam propinsi. tapi sebaiknya menunjukkan KTP, atau menuliskan no ktp di form pemesanan tiket

      Hapus
    2. .apakah ada tiket KA gratis di stasiun Blitar?
      .kalau ada apa syaratnya dan untuk kberangkatan kpan(jam berapa)?

      Hapus
    3. tidak ada, kalaupun ada mungkin itu dari sponsor luar

      Hapus
    4. pake SIM bisa gak?

      Hapus
  14. .Pak Mau Nanya
    Katanya ada KA gratis mulai tgl 13 sampai tgl 27,apakah hal itu juga terjadi di stasiun Blitar?
    .kalau di stasiun Blitar juga ada KA gratis,apa persyaratan mendapatkan tiket tsb dan untuk kberangkatan jam berapa?
    .Tolong jawabannya segera,soalnya saya besok pagi mau mudik

    BalasHapus
  15. .kalau saya dlu dpat tiket "tanpa tempat duduk" bisa duduk di gerbong paling belakang(gerbong makan)
    .pertanyaan saya bagaimana dg kebijakan KA sekarang?
    .masih boleh duduk di gerbong makan atau tidak?
    .soalnya arus balik kali ini , saya dpat tiket "tanpa tempat duduk"
    .mohon jwaban sgera pak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tgl 20-21 kemarin saya PP surabaya - blitar dengan menggunakan penataran "tanpa tempat duduk"

      duduk di gerbong paling depan yang ternyata memang disediakan untuk penumpang tanpa nomor duduk

      Hapus
  16. Misi kak mo tny sy Hendra mahasiswa mo liburan ke blitar tgl 16-09-2012 naik kereta paling pagi , nah bisa gak saya pesan tiketnya pada tgl 15-09-2012??? soalnya kalo ga pesan sering keabisan tiket kereta pagi

    mohon dijawab :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembelian tiket ekonomi dalam propinsi hanya bisa dilakukan pada tanggal keberangkatan, trik nya adalah antri sepagi mungkin antara jam 3 pagi-3.30 pagi

      Hapus
    2. wah susah yah kasian yg rmhnya jauh dr stasiun :(
      makasih kak

      Hapus
    3. minta tolong teman yang doyan begadang juga bisa kok :)

      Hapus
  17. kalau mau naik kereta penataran tujuan sby-mlng, tp pesan/beli tiketnya tidak di stasiun yang di lewati kereta api penataran itu gimana, kira -kira bisa atau tidak., misalnya beli di stasiun nganjuk gitu., bisa atau tidak, tp berangkatnya hari uti juga, tolong jawabannya..!!

    BalasHapus
  18. Klo kTulungagung dr SBY naik KA Penataran bs kah? trimaksh.

    BalasHapus
  19. Kalo ke tulungagung dr surabaya naik kereta apa yaa..? KA Penataran bs kah? Tq.

    BalasHapus
  20. bisa, mungkin ada delay sejenak di stasiun blitar
    saya rekomendasikan naik KA doho saja karena langsung menuju tulung agung

    BalasHapus
  21. Blitar- Malang bisa ga naik kereta ini?

    BalasHapus
  22. Dari stasiun gedangan- stasiun sumber pucung/pohgajih harganya kira2 brpa ya?

    Terus kalau mau ke waduk karang kates, tinggal jalan kaki atau masih naik angkutan umum? Trimakasih

    BalasHapus
  23. kurang tahu harga dari stasiun gedangan, yang pasti harga termahal dari stasiun sby kota - blitar hanya Rp 5500 saja. Anda perlu naik kendaraan umum lagi setelah turun dari stasiun karangkates.

    BalasHapus
  24. Mau tanya neh!
    Ada kah tempat wisata yg dekat atau ndak jauh2 amat dari stasiun malang-blitar.,?

    BalasHapus
  25. Pak mau nanya,, kalau dari Stasiun Bangil pandaan sampai ke Stasiun kota baru Malang, naik kereta penataran kira2 berapa jam ya? Terimakasih pak sebelumnya





    BalasHapus
  26. tempat wisata yang dekat stasiun setahu saya tidak ada di malang - blitar, tapi karena kotanya kecil, tempat wisatanya tidak terlalu jauh

    stasiun bangil - stasiun malang kota baru kurang lebih 1 1/2 jam

    BalasHapus
  27. permisi mau tanya....klo naik kreta api penataran ini,dari surabaya gubeng ke stasiun kepanjen,kira2 menempuh waktu brp jam yah??
    trimaksih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gubeng - kepanjen kurang lebih 4 jam

      Hapus
  28. kalo keliling langsung PP pake ka penataran-dhoho dr st gubeng-blitar via malang.blitar-gubeng via krtosono gmn bli tiketnya???
    soalnya mw ajak anak jalan2
    terima kasih

    BalasHapus
  29. maaf mau nanya, kalau dari surabaya ke malang naiknya dari stasiun apa ya? dan turunnya di stasiun malang mana?

    BalasHapus
  30. maaf mau tanya, kalau dari surabaya mau kemalang naik dari stasiun mana ya? dan malangnya turun stasiun mana?

    BalasHapus
  31. jadwal kereta dari surabaya ke tulungagung untuk tgl 26-12-2012
    jamberapa aja??????

    BalasHapus
  32. mau tanyak kereta dr surabaya menuju tulungagung yang lewat malang untuk tgl 26-12-2012 adanya jam berapa aja ya??????.....

    BalasHapus
  33. kalau beli tiket tanpa tempat duduk boleh gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kereta ekonomi sekarang dibatasi sesuai jumlah tempat duduk bro :)

      Hapus
  34. Sulis : apakah kita bisa beli tiket PP lgs, dan kenapa tidak dibuka online utk pembelian penataran ekonomi. Saya suka ditolak karena kehabisan, dan kalo harus bangun pagi2 segitu ya berat juga

    Tidak ada solusi lain kah selain antri jam 3 pagi

    BalasHapus
  35. ADA YG TAHU JADWAL KERETA PENATARAN BLITAR - MALANG - SURABAYA GAK ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. JADWAL UDAH GAK UPDATE KOK MASIH DIPAJANG MAS BROO >>> MBOK YA DIGANTI....

      Hapus
  36. Rute surabaya-yogya kelas ekonomi, pake kereta api api? tarifnya berapa? dan lewat stasiun mana? thx gan. mohon di balas ya.

    BalasHapus
  37. ada banyak pilihan untuk kelas ekonomi sby - yogya

    naik dari gubeng
    1. pasundan
    2. logawa
    3. sritanjung
    selengkapnya bisa dilihat di artikel ini
    http://jadwalstasiunkeretaapiterbaru.blogspot.com/2012/02/jadwal-stasiun-gubeng.html

    BalasHapus
  38. BISAKAH TIKET PENATARAN DI PESAN ONLINE?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sementara ini blum bisa bro, pemesanan tiket online masih terbatas pada kereta bisnis dan eksekutif

      Hapus
  39. tiket penataran surabaya-malang untuk pmbrangkatan bsok (24 jan '13) msih ada gak??

    BalasHapus
  40. Kreta pnataran dr malang ke blitar paling pagi jam brapa n nympek bltar jm brapa kira2? Trims

    BalasHapus
  41. kereta penataran gerbong nya disunat ya sekarang, dulu waktu naik 7-8 gerbong skrg kok tinggal dikit?? ada yang tau sampai kpn gerbong nya ditambahkan lagi?

    BalasHapus
  42. Tiket penataran ke malang untuk tgl.8 Jan'13 masih ada ngad ya?
    Trimz. .

    BalasHapus
  43. mau nanya, kalo dr sby gubeng ke malang brp jam?

    BalasHapus
  44. harga tiket Blitar-Surabaya berapa ya?

    BalasHapus
  45. Beli tiket pp dlm sehari bisa ndk

    BalasHapus
  46. Beli tiket pp dlm sehari bisa ndk

    BalasHapus
  47. Jombang-Surabaya jam 5 ada gak?keretanya apa?tarifnya berapa?

    BalasHapus
  48. tujuan sanankulon dari surabaya paling dekat turun stasiun mana?

    BalasHapus
  49. Kalo misalnya beli tiket kereta penataran sby-mlg hari ini buat besok atau seminggu kemudian bs tidak? thanks

    BalasHapus
  50. Blitar ke Gubeng brpa harga tiket.nya??

    BalasHapus
  51. KALAU AKAN PESAN TIKET SURABAYA -BLITAR SEBANYAK 160 UNTUK BERANGKAT TANGGAL 21 DESEMBER DAN PULANG 22 DESEMBER 2013 BAGAIMANA MAS BRO BALAS

    BalasHapus
  52. PESAN TIKET DARI SURABAYA -BLITAR PP BERANGKAT 21 KEMBALI 22 DESEMBER 2013 SEBANYAK 160 MENGHUBUNGI SIAPA MAS BRO MAKASIH................

    BalasHapus
  53. Apa utk tujuan blitar tgl 23 des bs pesan mulai skrg?

    BalasHapus
  54. Tiket utk tgl 23 des tyjuan blitar apa sdh bs d pesan skrg

    BalasHapus
  55. assalamualaikum, saya mau tanya, saya sama beberapa teman mau liburan ke blitar, karena sekarang kalau naik kereta harus beli tiket PP, kira2 kalau pas pulang dari blitarnya itu lewat stasiun mojokerto gak ya? tadi di rutenya cma ke mojokerto lewat tarik atau krian, terimakasih, mohon dibalas secepatnya..

    BalasHapus

Followers